+62 852-5973-8752 info@pedulibencana.com

Warga Tondo Kehilangan Harta dan Pekerjaan

  • Home / Logistik / Warga Tondo Kehilangan…
Warga Tondo Kehilangan Harta dan Pekerjaan

Warga Tondo Kehilangan Harta dan Pekerjaan

Bermula dari laporan pak Kevin (33) yang datang ke Rumbel Utsman bin Affan pada hari Kamis, 08 November 2018, Tim Peduli Bencana bersegera mengunjungi lokasi pengungsian di Lapangan Kompas dan Lapangan Kelinci Kelurahan Tondo – Kota Palu.

Pengungsi di kedua lokasi tersebut merupakan korban tsunami dari pesisir pantai Tondo. Sebagian besar dari mereka bermata pencaharian sebagai nelayan, penjual ikan, dan tukang batu. Sejak bencana menimpa, mereka kehilangan rumah, harta benda, dan pekerjaan bahkan harus merelakan hilangnya sebagian anggota keluarganya.

Baca juga: Berita Tentang Nurul: Kaki Diamputasi

Ketetapan takdir dari Allah subhana wa ta’ala telah menjadikan mereka saat ini harus tinggal di tenda-tenda pengungsian. Tepatnya jam 11.30 WITA, Tim Peduli Bencana tiba di lokasi mereka. Sebanyak 48 tenda bantuan dari luar negeri terpapar rapi di lapangan Kompas dan di lapangan Kelinci.

Teriknya matahari mengharuskan sebagian penghuni tenda bernaung di bawah pohon yang tumbuh mengitari lapangan. Terlihat beberapa lelaki paruh bayah dan anak-anak sedang bercengkrama.

Pak Kaspul (60) bercerita bahwa pada saat bencana melanda tak ada yg tersisa dari kehidupan kami kecuali pakaian di badan, rumah, perahu, kendaraan, dan alat-alat rumah tangga habis terbawa air.

Alhamdulillah satu bulan pertama setelah bencana kami disiapkan dapur umum oleh pemerintah. Namun sejak masa tanggap darurat tidak diberlakukan per tanggal 26 Oktober 2018, maka dapur umum pun ditutup dan mengharuskan kita untuk menyiapkan makanan sendiri.

Namun apalah daya, sebagian dari kami belum mampu memenuhi kebutuhan perlengkapan dapur, selama ini kami mencari ikan di laut untuk mendapatkan penghasilan, namun kondisi alam belum memungkinkan dan trauma tsunami masih membekas.

Baca juga: Kisah Nyata yang Luar Biasa

Sehingga sementara ini kita saling meminjamkan perlengkapan dapur antar tenda. Terkadang kita harus bergantian piring dan gelas. Adapun kompor kita gunakan bersama, satu kompor dipakai oleh 6 KK. Miris mendengarnya, kenyataan di lapangan demikian adanya.

Mereka membutuhkan perlengkapan dapur dan air bersih untuk dipakai masak. Disamping keberadaan 5 MCK belumlah mencukupi untuk hajat 83 KK yang terdata. Semoga Allah membukakan pintu-pintu rezeki untuk mereka. Amiin.

Ikuti update informasi dan programnya melalui:

Channel Telegram: https://t.me/pedulibencana
Official Website: https://pedulibencana.com
Twitter: @peduli_bencana
Email:info@pedulibencana.com

Contact Person:
▪️+62 878-6426-2106 (Wil. Lombok)
▪️+62 857-5736-6967 (Wil. Palu)
▪️+62 812-2733-7626 (Wil. Palu)
▪️+62 852-5973-8752 (Umum)

#pedulilombok
#pedulipalu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: