+62 852-5973-8752 info@pedulibencana.com

Tolak Hoaks: Saring Dulu Sebelum Sharing

  • Home / Mutiara Hikmah / Tolak Hoaks: Saring…
Tolak Hoaks: Saring Dulu Sebelum Sharing

Tolak Hoaks: Saring Dulu Sebelum Sharing

Sudah menjadi prinsip seorang muslim, jujur dan amanah dalam menyampaikan berita. Kemudian diiringi dengan sikap hati-hati dan selalu tabayyun (kroscek kebenaran dan kevalidan data). Terkhusus, pada berita yang menyangkut kepentingan bersama.

Maka dari itu hendaknya kita saring dulu sebelum disharing. Berita palsu hanya akan menambah rasa ragu. Sudah saatnya kita cerdas dalam menyikapi berita, terkhusus di media sosial. Kita harus menolak berita hoak. Berikut berita hoak seputar gempa Palu yang banyak beredar di medsos. Yaitu, video tanah retak di sebuah pom bensin. Diberitakan bahwa kejadian tersebut terjadi di Bulukumba, pada hari Ahad, 7/10.

Ramainya berita adanya gempa yang terjadi di Bulukumba, Sulawesi Selatan ternyata Hoax. Hal tersebut dijelaskan oleh Sutopo Purwo Nugroho sebagai kepala Badan Nasional Penanggulan Bencana.

Sebelumnya beredar video gempa dengan kekuatan 4,8 SR di Bulukumba. Namun sebenarnya video yang beredar tersebut adalah video dampak gempa di Donggala yang berkekuatan 7,4 SR.

Di twitternya Sutopo menjelaskan bahwa telah beredar banyak Hoax dampak gempa 5,2 SR di Palu dan 4,8 SR di Bulukumba. Padahal kedua gempa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa dan kerusakan rumah, jalan dan bangunan lain. Video tersebut adalah dampak gempa 7,4 SR di Donggala pada 28/9/2018. Jangan ikut menyebarkan hoax.

Dari kejadian tersebut padanya ada pelajaran berharga, bahwa tidaklah semua yang kita dengar harus disebarkan. Hendaknya kita lebih berhati-hati dalam menyebarkan berita, apalagi dalam hadis disebutkan,

“Cukuplah seorang dikatakan pendusta, ketika dia memberitakan apa saja yang dia dengar.” (HR. Muslim)

Dalam keadaan berita yang tersebar terkadang menimbulkan kegaduhan di masyarakat, bahkan sampai merugikan beberapa pihak. Yuk, saring sebelum sharing dan tolak hoak! Wallahu a’lam.

Saring Dulu, Baru Sharing
Saring Dulu, Baru Sharing
Teliti Dulu, Baru Dibagi
Teliti Dulu, Baru Dibagi

Ikuti update informasi dan programnya melalui:

Channel Telegram: https://t.me/pedulibencana
Official Website: https://pedulibencana.com
Twitter: @peduli_bencana
Email: pedulibencana2018@gmail.com

Contact Person:
▪+62 878-6426-2106 (Wil. Lombok)
▪+62 857-5736-6967 (Wil. Palu)
▪+62 812-2733-7626 (Wil. Palu)
▪+62 852-5973-8752 (Umum)

#pedulilombok
#pedulipalu

Leave a Reply

E-posta hesabınız yayımlanmayacak. Gerekli alanlar * ile işaretlenmişlerdir

%d blogcu bunu beğendi: