+62 852-5973-8752 info@pedulibencana.com

Perawatan & Perbaikan Mata Bor

  • Home / Informasi / Perawatan & Perbaikan…
Perawatan & Perbaikan Mata Bor

Perawatan & Perbaikan Mata Bor

Kegiatan pembuatan sumur bor merupakan salah satu program Tim Peduli Bencana Lombok untuk membantu masyarakat terdampak bencana gempa. Kegiatan ini dilakukan bekerjasama dengan ikatan alumni ITB dengan PT. Aneka Tambang (Antam).

Bencana gempa yang mengguncang seluruh dataran Lombok memberikan salah satu dampak rusaknya sumber air bersih warga. Sumber air PDAM berkurang debitnya, begitupun sumber mata air berkurang debitnya, bahkan hilang akibat runtuhnya batuan di sekitar lobang mata air.

Tak terkecuali dengan sumur, baik itu sumur gali maupun sumur bor, terjadi pengendapan akibat material tanah/pasir/batu yang runtuh menyebabkan tampungan air sumur menjadi dangkal bahkan kering.

Kejadian semacam ini terjadi di Kecamatan Sambelia, Lombok Timur. Kegiatan sumur bor dilakukan di beberapa titik di daerah ini dan salah satunya adalah di Dusun Kolosepang dan Dusun Darakunci di desa yang sama, yaitu Desa Darakunci.

Bentukan wilayah yang berbukit dan gunung disertai dengan kondisi umum geologi wilayah yang berbatu menciptakan tingkat kesulitan yang tinggi dalam kegiatan pengeboran. Beberapa kendala ditemui mulai dari sulitnya mata bor menembus batu, stang bor terjepit, mata bor habis, lobang bor runtuh hingga sulitnya air sirkulasi.

Baca juga: Mata Bor Patah Dihadang Batu Keras

Selain teknik pengeboran yang tepat, perawatan dan perbaikan peralatan juga diperlukan untuk menjaga produktifitas kegiatan pengeboran.

Hari Senin (26/11) dilakukan perbaikan mata bor di bengkel lokal wilayah Sambelia. Stok batu widia yang diperoleh dari Mataram insya Allah cukup untuk membuat mata bor tangguh kembali menghadapi lapisan bebatuan.

Semoga Allah memudahkan kegiatan pembuatan sumur bor dan semoga manfaatnya dirasakan oleh masyarakat. Amiin.

Ikuti update informasi dan programnya melalui:

Channel Telegram: https://t.me/pedulibencana
Official Website: https://pedulibencana.com
Twitter: @peduli_bencana
Email:info@pedulibencana.com

Contact Person:
▪️+62 878-6426-2106 (Wil. Lombok)
▪️+62 812-4147-7594 (Wil. Palu)
▪️+62 852-5973-8752 (Umum)

#pedulilombok
#pedulipalu

Leave a Reply

E-posta hesabınız yayımlanmayacak. Gerekli alanlar * ile işaretlenmişlerdir

%d blogcu bunu beğendi: