+62 852-5973-8752 info@pedulibencana.com

Mereka Seperti Saudara

  • Home / Cerita Santri / Mereka Seperti Saudara
Mereka Seperti Saudara

Mereka Seperti Saudara

Keberadaan santri relawan Peduli Bencana merupakan bingkisan istimewa bagi warga. Ungkapan ini bukanlah berlebihan. Sebab, atas pertolongan Allah melalui santri ini, warga banyak mendapat bantuan, materiil maupun moril.

Tim Peduli Bencana sengaja memilih daerah-daerah yang tidak terjangkau relawan lain atau minim bantuan sebagai Posko Tinggal. Sebab, mereka sangat membutuhkan bantuan. Berbeda dengan korban gempa yang tinggal di kota atau dekat dengan kota. Bantuan cukup, ditambah dengan banyaknya relawan dan pengerahan alat berat yang terjangkau.

Namun, di beberapa wilayah, bantuan tidak banyak masuk, relawan juga tidak sebanyak di kota. Adapun alat berat bisa dibilang belum masuk. Maka dari itu, santri ditempatkan di wilayah tersebut.

Membangun MCK, mengangkat properti warga, memberi bingkisan, membersihkan puing rumah, dan berbagai pekerjaan lain dilakukan oleh para santri. Warga sangat terbantu. Mereka bahagia. Bahkan mereka bangga dengan anak-anak muda ini.

“Mereka adalah generasi bangsa ini. Bangun tidur sebelum adzan, lalu shalat tahajud, pergi shalat Subuh berjamaah ke Masjid, habis itu membaca al-Qur’an. Setelah itu, masing-masing melaksanakan pekerjaan rumah tangga posko. Ada yang nyapu, masak, siram halaman, dan lain-lain. Mereka mandiri di usia masih muda. Bahkan, berguna untuk orang lain,” komentar salah satu orang tua.

“Setelah itu, santri tersebar ke rumah penduduk, membantu warga. Tiap dengar adzan, berhenti dan istirahat lalu ke Masjid. Luar biasa. Hablu minallah dan hablu minannas (hubungan dengan Allah dan manusia) terjalin semua,” tambahnya.

“Belum selesai sampai di situ. Setiap maghrib, mereka silaturahmi ke rumah warga. Bawa hadiah. Ramah tamah dengan penduduk.”

“Ini namanya generasi muda sejati,” tegasnya lagi. Perlu diketahui, program santri ini juga mendatangkan para dokter, umum dan spesialis, secara berkala ke posko mereka. Tujuannya untuk memeriksa kesehatan warga.

Baca Juga: Kedatangan Santri Relawan

Pantas bila masyarakat dan tetangga sangat senang kepada mereka. Ungkapan kebahagiaan mereka berbeda-beda. Ada yang dengan kata-kata, ada pula dengan perbuatan nyata, seperti berkunjung ke posko.

Tidak jarang sayuran dan bumbu-bumbu diberikan warga untuk santri. Kadang kue, buah, camilan, dll. “Bahkan ada yang pernah ngasih 4 kg daging sapi, lengkap dengan bumbunya.” Allahu Akbar.

Baca Juga: Dari Santri untuk Negeri

Ikuti update informasi dan programnya melalui:

Channel Telegram: https://t.me/pedulibencana
Official Website: https://pedulibencana.com
Twitter: @peduli_bencana
Email:info@pedulibencana.com

Contact Person:
▪+62 878-6426-2106 (Wil. Lombok)
▪+62 857-5736-6967 (Wil. Palu)
▪+62 812-2733-7626 (Wil. Palu)
▪+62 852-5973-8752 (Umum)

#pedulilombok
#pedulipalu

Leave a Reply

E-posta hesabınız yayımlanmayacak. Gerekli alanlar * ile işaretlenmişlerdir

%d blogcu bunu beğendi: