+62 852-5973-8752 [email protected]

Semangat Mereka Luar Biasa

  • Home / Mutiara Hikmah / Semangat Mereka Luar…
Semangat Mereka Luar Biasa

Semangat Mereka Luar Biasa

Tidak jarang Rasulullah menghasung para sahabat untuk beramal kebaikan dengan memberikan contoh nyata dari amal kebaikan tersebut. Saat ingin menghasung manusia untuk berinfak misalnya, beliau memberikan contoh dan bahkan mengumumkannya di hadapan mereka. Bukan agar amal dan infak tersebut dipuji dan disanjung. Akan tetapi, demi memberikan teladan dan hasungan bagi yang lain untuk beramal kebaikan.

 

Allah berfirman (artinya):

إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ ۖ وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۚ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِنْ سَيِّئَاتِكُمْ ۗ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

“Jika kamu menampakkan sedekah-sedekah-(mu) maka itu adalah baik, dan jika kamu menyembunyikannya (sedekah itu) dan kamu berikan kepada orang-orang fakir maka itu lebih baik bagi kamu; dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahan kamu; dan Allah Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS al-Baqarah: 271)

Menampakkan sedekah tidak semuanya tercela. Terkhusus jika ada maslahat besar ketika menampakkan sedekah, seperti memberi semangat orang lain, maka hal ini tentu adalah kebaikan.

Baca Juga: Tanpa Diduga, Gempa Itu Datang Tiba-Tiba

Gairah Sedekah di Berbagai Daerah

Semangat membantu saudaranya yang terkena bencana di Lombok dan Palu terus berlangsung di berbagai daerah di Indonesia. Hampir setiap harinya tidak kosong bantuan untuk bencana berdatangan. Infak dan sedekah yang dikoordinir di daerah tersebut lantas dikirim ke rekening Tim Peduli Bencana.

Kami tidak hafal masing-masing pondok pesantren atau Komunitas Salafy Ahlussunnah yang dikoordinir di daerah lalu dikirim ke Donasi Peduli Bencana. Dari Karawang, Ustadz Abu Muhammad Musa menggerakkan teman-teman untuk berinfak. Walhamdulillah, hasilnya membludak.

Baca Juga: Hidup Lagi Setelah 100 Tahun Mati

Dari Tambun, Bekasi juga demikian, teman-teman datang berduyun-duyun. Geliat dan semangat yang luar biasa juga terlihat di Bantul dan Yogyakarta.

Dari Semarang, gairah untuk bersedekah juga semakin membuncah dan “terguncang”. Teman-teman di Sambas juga “memanas”. Gresik tampaknya juga “terusik”. Ngawi, Wonogiri, dan Madiun tak kalah berbagi dan siap ta’awun (membantu).

Dari Cirebon dan Palembang, semangat untuk berpartisipasi begitu mengembang. Lumajang tak ingin ketinggalan dalam berjuang. Situbondo dan Bondowoso siap dengan tenaga ahli dan armada.

Teman-teman di Pulau Jawa maupun luar Jawa juga menunjukkan simpatik dan peduli yang luar biasa. Semoga Allah membalas kebaikan mereka dan tetap menjaga keikhlasan di dalam dada.

Baca Juga: STATUS TANGGAP DARURAT DIPERPANJANG

Tidak ketinggalan dengan keluarga besar manajemen dan karyawan Qurrotu ‘Ainiy Purworejo yang berjumlah 106 karyawan pun ikut merasakan derita saudaranya di Lombok dan Palu. Bentuk bantuan mereka tergolong unik dan mungkin bisa dijadikan contoh.

Para karyawan bekerja setiap harinya dalam satu pekan dalam keadaan lembur. Upah kerja mereka tidak diambil. Upah tersebut semuanya didonasikan untuk peduli bencana, Masya Allah….

Tidak hanya itu, sebelumnya hasil karya karyawan berupa masker yang berjumlah 3000 yang rencananya mau dikirim ke Palu akhirnya “diuangkan”.

Masker yang bahannya memanfaatkan kain sisa-sisa pakaian tersebut alhamdulillah habis terjual, biidznillah…

Baca Juga: Cerita Pilu Antara Anak Dan Ibu

Lelah membawa berkah, insyaallah

Rasa lelah dan sedekah dari teman-teman di berbagai daerah dianggap belum seberapa dibanding penderitaan yang dirasakan para korban gempa. Donasi yang disalurkan, mereka anggap tidak ada apa-apanya dibanding kebutuhan hidup para korban gempa.

Sikap dan upaya Komunitas Salafy Ahlussunnah di berbagai daerah merupakan rasa empati yang dihasung oleh hadis Rasulullah yang berbunyi,

“Allah akan senantiasa menolong seorang hamba, selama hamba tersebut menolong saudaranya.” (HR. Muslim)

Baca Juga: Sumur Bor, Kebutuhan Mendesak

Ikuti update informasi dan programnya melalui:

Channel Telegram: https://t.me/pedulibencana
Official Website: https://pedulibencana.com
Twitter: @peduli_bencana
Email: [email protected]

Contact Person:
▪+62 878-6426-2106 (Wil. Lombok)
▪+62 857-5736-6967 (Wil. Palu)
▪+62 812-2733-7626 (Wil. Palu)
▪+62 852-5973-8752 (Umum)

#pedulilombok
#pedulipalu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: