+62 852-5973-8752 [email protected]

Profil dan Susunan Pengurus Yayasan Darul Hadits Lombok

  • Home / Profil dan Susunan…

Profil dan Susunan Pengurus Yayasan Darul Hadits Lombok

YAYASAN DARUL HADITS LOMBOK

AKTA KEMENKUMHAM RI No. AHU-009159.AH.01.04 Th. 2015

PERUMAHAN ALAM CITRA MUTIARA NO. 27 JALAN GORA 1 SELAGALAS

MATARAM – NUSA TENGGARA BARAT

2018

PROFIL & SUSUNAN PENGURUS

YAYASAN DARUL HADITS LOMBOK

 

Nama Yayasan : Yayasan Darul Hadits Lombok

Alamat : Perumahan Alam Citra Mutiara No.27 Kel. Selagalas

Kec. Sandubaya Kota Mataram Nusa Tenggara Barat

Legalisasi Yayasan : Terdaftar di Kemenkumham No. AHU-009159.AH.01.04

Th. 2015

Pengurus Yayasan :

Pembina : Taufik Ali Syammach dan Harry Habib Perdana Kusuma

Pengawas : Azwar Satriawan

Ketua : Suhardi

Sekretaris : Lalu Muhammad Riza

Bendahara : Agus Suci Merdeka

JENIS KEGIATAN

YAYASAN DARUL HADITS LOMBOK

  1. Bidang Pendidikan

Di bidang Pendidikan, Yayasan Darul Hadits Lombok membawahi Rumah Belajar Ibnu Katsir yang terletak di Perumahan Bumi Kodya Asri Jalan Sunan Giri Raya Blok 0 No.05.

Jenjang Pendidikan di Rumah Belajar Ibnu Katsir adalah Tarbiyatul Aulad (TA) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jumlah murid TA adalah 7 anak (banin/laki-laki dan banat/perempuan) dan jumlah murid MI adalah 4 anak (banin/laki-laki dan banat/perempuan). Sedangkan pengajar di Rumah Belajar Ibnu Katsir adalah 3 orang ustadz dan 3 orang ustadzah. Kepala/Mudir Rumah Belajar Ibnu Katsir adalah Ustadz Abu Ahmad Haidar.

  1. Bidang Dakwah

Di bidang dakwah kegiatan yayasan adalah kajian/taklim/tausiyah di beberapa tempat baik itu Mataram, Lombok Tengah dan Lombok Timur. Pengisi materi kajian adalah ustadz yang berasal dari Lombok maupun dari luar Lombok.

Jadwal kajian adalah sebagai berikut :

  • Kajian Ummahat : setiap hari Kamis
  • Kajian Umum : setiap hari Kamis, Jumat, Sabtu dan Ahad
  • Kajian Ustadz Tamu : satu bulan sekali
  1. Bidang Kenegaraan

Yayasan Darul Hadits Lombok merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sehingga, kegiatan yang diadakan oleh pondok selalu diupayakan untuk mendukung kebijakan pemerintah. Bentuk kegiatan yayasan yang bersifat kebangsaan adalah :

  1. Tebar Media anti-Komunisme

Maklum, komunisme merupakan ajaran terlarang di NKRI. Sejarah membuktikan, paham ini telah merongrong kesatuan NKRI. Rupa-rupanya, paham tersebut mulai dihidupkan kembali.

Yayasan Darul Hadits Lombok bekerja sama dengan Pemerintah/TNI/Polri berbuat sesuai dengan kemampuan dan kapasitasnya. Yaitu, dengan membantu pemerintah dalam pencerahan kepada masyarakat tentang bahaya laten komunisme. Upaya pencerahan tersebut dengan menyebarkan majalah anti Komunisme ke seluruh lapisan masyarakat, baik instansi pemerintah, swasta, pendidikan maupun tokoh masyarakat. Alhamdulillah, kegiatan ini mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat, terutama Pemerintah/TNI/Polri.

Media Majalah Anti Komunisme
Media Majalah Anti Komunisme

 

  1. Tebar Media anti-Terorisme

Terorisme adalah musuh bersama Bangsa Indonesia. Paham terorisme tidak boleh hidup di NKRI. Islam tidak mengajarkan paham radikalisme terorisme. Ajaran Islam justru rahmatan lil „alamin. Dengan bekerja sama dengan pemerintah dan masyarakat, Yayasan Darul Hadits Lombok berbuat sesuai dengan kapasitas dan kemampuan.

Alhamdulillah, dengan izin Allah semata, Yayasan Darul Hadits Lombok berhasil membagikan media anti-Terorisme sebagai upaya pencerahan kepada masyarakat tentang bahaya terorisme; asal-usul terorisme, penyebab terorisme dan tata cara menanggulangi terorisme. Kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah/TNI/Polri dan diterima dengan baik oleh masyarakat.

Perangkat Media Anti Terorisme

  1. Bidang Sosial Kemasyarakatan

Bencana gempa bumi menimpa Lombok dan sekitarnya dalam periode yang cukup lama. Dimulai dari akhir Agustus 2018 terjadi gempa dengan kekuatan magnitude 6.4, disusul dengan gempa yang lebih kuat dengan magnitude 7.0 pada 9 September 2018 yang diikuti beberapa gempa dengan magnitude 5.0 hingga lebih dari 6.0 selama 2 minggu hingga kembali terjadi gempa besar dengan magnitude 7.0 pada 23 September 2018. Setelah itu masih terus terjadi gempa bumi dengan skala magnitude yang lebih kecil.

Sebagai akibat musibah gempa tersebut jatuh korban jiwa maupun luka-luka dan banyak masyarakat kehilangan tempat tinggal. Yayasan Darul Hadits tergerak untuk membantu masyarakat yang terdampak musibah gempa dengan menghimpun donasi dan menyalurkannya ke wilayah Lombok yang bisa dijangkau.

Bantuan darurat berupa terpal, selimut, alas tikar, sembako, obat-obatan dasar, maupun bentuk bantuan lainnya disalurkan kepada masyarakat terdampak gempa baik itu di wilayah Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Kota Mataram maupun di Pulau Sumbawa.

Lebih jauh lagi, Yayasan Darul Hadits juga membantu masyarakat terdampak gempa kaitannya dengan pemulihan dan rekonstruksi dengan berjalannya program gabungan Peduli Bencana. Bantuan yang diberikan dalam bentuk membuat fasilitas umum seperti MCK, berkontribusi dalam melakukan pembuatan sumur bor untuk pemenuhan kebutuhan air bersih maupun bentuk bantuan umum seperti pembersihan puing dan lain sebagainya.

Posko Lapangan Program Peduli Bencana

Salah Satu Bentuk Bantuan : sembako dan tikar, sumur bor, kamar mandi/MCK

  1. Bidang Kesehatan

Di bidang kesehatan, Yayasan Darul Hadits Lombok dalam program gabungan Peduli Bencana melakukan praktek pengobatan gratis kepada masyarakat yang terdampak gempa. Pengobatan dilakukan dengan mendatangkan relawan medis dokter untuk mengunjungi beberapa posko lapangan dan dilakukan di area Lombok Barat, Lombok Utara dan Lombok Timur.

Praktek Pengobatan Gratis Untuk Masyarakat Terdampak Gempa