+62 852-5973-8752 info@pedulibencana.com

Kerja Nyata: Bangun MCK untuk Masjid

  • Home / Pembangunan Fisik / Kerja Nyata: Bangun…
Kerja Nyata: Bangun MCK untuk Masjid

Kerja Nyata: Bangun MCK untuk Masjid

Kebutuhan sarana mandi, cuci, kakus (MCK) di lokasi terdampak bencana amat penting. Usai terkena gempa rumah-rumah warga hancur, termasuk MCK pribadi mereka. Tak terkecuali di Masjid Jami Nurul Bahari, Dusun Panyambuan, Lombok utara.

Melihat situasi yang ada, Tim Peduli Bencana di lapangan, di antaranya fokus pada penyediaan sarana MCK. Baik di sekitar posko relawan santri maupun di area masjid. Kelompok November melanjutkan tugas kelompok perintis. Ada enam MCK. Masing-masing tiga untuk toilet lelaki, tiga toilet wanita.

Sejak Sabtu (3/11), tim berkutat menyelesaikan MCK tersebut. Mulai pemasangan penutup MCK, pemasangan lubang WC, pengecoran, hingga pemasangan saluran pipa pembuangan. Alhamdulillah, Ahad sore (4/11), MCK bagian lelaki selesai.

Baca juga: Program Tim MCK Peduli Bencana

Hari ini (5/11), rencana target penyelesaian MCK wanita. Bila di area masjid kelar, tugas lain menanti. Yaitu, pembuatan MCK di area tengah pemukiman darurat warga. Seperti dijelaskan Ketua RT 03, Sukriadi, di tempat hunian sementara (huntara) masih banyak warga buang air besar ke kebun.

“Tentu ini tidak baik. Selain dapat menimbulkan penyakit, pemilik kebun juga keberatan kebunnya dijadikan lokasi huang hajat,”

katanya. Kerangka MCK itu sendiri sudah ada. Relawan santri dibantu warga, tinggal mengangkutnya saja. Semoga jerih payah pembuatan dan pemasangan MCK ini bermanfaat bagi masyarakat.

Ikuti update informasi dan programnya melalui:

Channel Telegram: https://t.me/pedulibencana
Official Website: https://pedulibencana.com
Twitter: @peduli_bencana
Email:info@pedulibencana.com

Contact Person:
▪️+62 878-6426-2106 (Wil. Lombok)
▪️+62 857-5736-6967 (Wil. Palu)
▪️+62 812-2733-7626 (Wil. Palu)
▪️+62 852-5973-8752 (Umum)

#pedulilombok
#pedulipalu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: