+62 852-5973-8752 info@pedulibencana.com

Investasi Pendidikan, Tabungan Surga Negeri Keabadian

  • Home / Palu / Investasi Pendidikan, Tabungan…
Investasi Pendidikan, Tabungan Surga Negeri Keabadian

Investasi Pendidikan, Tabungan Surga Negeri Keabadian

Tak akan kita dapatkan kalimat yang tepat saat berbicara tentang kenikmatan surga. Bagaimana bisa kita menuturkan sebuah kenikmatan yang tidak pernah terlihat oleh mata, tak pernah terdengar oleh telinga, dan tiada pula pernah tebersit di hati manusia.

Sebuah kenikmatan nyata yang pasti dijumpai, yang menorehkan rasa rindu di dada insan beriman, kapan kiranya berjumpa dengan kenikmatan itu.

Jalan Menuju Surga. Itulah yang kita cari saat ini. Tiba-tiba teringat dalam benak kami sebuah Hadits Rasulullah shallahu alaihi wa sallam:

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا، سَهَّلَ اللهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

“Barangsiapa yang berjalan menuntut ilmu, maka Allah mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim)

Hadits inilah yang mendorong semangat kita dalam menuntut ilmu. Begitu pula dengan anak-anak dan para pemuda di Palu dan sekitarnya.

Dengan semangat yang tinggi mereka rela menyeberangi pulau nun jauh meninggalkan tanah kelahirannya untuk menuntut ilmu. Dengan keridhaan orang tuanya, mereka saat ini tersebar di beberapa pondok pesantren di Indonesia. Ada yang di Samarinda, Jember, Klaten, Lumajang dan lain-lain. Ada juga yang mencukupkan diri belajar di pondok-pondok pesantren yang lebih dekat dengan Palu, semisal di Makassar dan Poso.

Adapun anak-anak yang masih berusia di bawah 12 tahun, yang masih membutuhkan lebih banyak perhatian dari orang tuanya, mencukupkan diri untuk menuntut ilmu di dalam kota Palu.

Tepatnya 28 September 2018, musibah menimpa masyarakat Palu dan sekitarnya. Keterpurukan fisik dan mental tak terhindarkan akibat Gempa, tsunami, dan likuifaksi. Banyak yang kehilangan harta benda, rumah, mata pencaharian. Bahkan jiwa dan sebagian besar warga mengalami trauma dan depresi.

Tim Peduli Bencana (TPB) yang berposko di Rumah Belajar Utsman bin Affan berusaha meretas kembali kehidupan mereka dengan harapan bisa lepas dari keterpurukan. Satu hal yang sangat mengkhawatirkan kami adalah terbengkalainya amanah pendidikan anak-anak hingga orang dewasa.

Seruan wajib dalam menuntut ilmu mendorong Tim Peduli Bencana lebih sigap dalam menangani pendidikan.

Dengan kemampuan yang ada, sebagian masyarakat Palu dan sekitarnya kita ayomi pendidikannya.

Tiga hari setelah musibah melanda, pendidikan anak-anak pengungsian kita aktifkan. Begitupula pengajian bapak-bapak dan ibu-ibu kita galakkan.

Data yang terhimpun hingga saat ini ada 45 anak yang diaktifkan belajar di Kota Palu, dan 35 anak masih tetap menuntut ilmu di luar Palu.

Sementara majelis-majelis ilmu hingga hari ini terus dirasakan oleh 221 Kepala Keluarga (KK) yang berstatus korban.

Jalan menuju surga menjadi amunisi TPB sehingga semakin bersemangat dalam mengayomi pendidikan. Kami berusaha menfasilitasi dan menyantuni pendidikan para korban.

Komitmen bahwa pendidikan harus tetap berjalan dalam kondisi apapun menjadi kepastian. Keterpurukan ekonomi tidak menjadi halangan. Hanya dengan pertolongan dan kemudahan dari Allah semata menjadi keyakinan kita.

Alhamdulillah, demikianlah kenyataannya, Allah memudahkan berjalannya amanah ini. Bermunculanlah relawan-relawan, para pendidik yang mangajari anak-anak dan orang dewasa. Para donaturpun tak ketinggalan ikut membantu dan memperlancar kegiatan pendidikan.

Majelis ilmu di masjid-masjid masyarakat Palu lebih semarak, pengajian ibu-ibu sore hari di hari Jum’at dan Ahad berjalan intensif. Dan tiba-tiba bermunculan juga para pemuda yang semangat untuk menuntut ilmu bahkan berharap bisa menyusul teman-temannya belajar di pondok-pondok pesantren.

Masya Allah…

Semoga ini menjadi tanda-tanda turunnya keberkahan.

Jalan panjang menuntut ilmu membutuhkan keseriusan dan kesabaran.

Perhatian dan kerja sama tak boleh pupus, masih banyak yang perlu dibenahi.

Investasi amal yang bisa mengantarkan ke surga.

Semoga Allah memudahkan segalanya. Amiin.

Ikuti update informasi dan programnya melalui:

Channel Telegram: https://t.me/pedulibencana
Official Website: https://pedulibencana.com
Twitter: @peduli_bencana
Email:info@pedulibencana.com

Contact Person:
▪️+62 878-6426-2106 (Wil. Lombok)
▪️+62 857-5736-6967 (Wil. Palu)
▪️+62 812-2733-7626 (Wil. Palu)
▪️+62 852-5973-8752 (Umum)

#pedulilombok
#pedulipalu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: