+62 852-5973-8752 info@pedulibencana.com

Ide Stategis di Saat Kritis

  • Home / Logistik / Ide Stategis di…
Ide Stategis di Saat Kritis

Ide Stategis di Saat Kritis

Kondisi pasca bencana sangatlah tidak menentu. Suasana terasa kacau-balau. Urusan apa saja sangat sulit dikerjakan. Entah karena keterbatasan bahan atau karena pikiran memang terlanjur buntu.

Demikian juga di tenda pengungsian. Pokoknya rumus apa adanya menjadi rumus baku dalam melakukan aktivitas. Tinggal seadanya, alas tidur seadanya, pakaian seadanya, MCK seadanya hingga urusan perut juga seadanya.

Sehingga terkadang hal ini menambah tekanan pada mental dan pikiran. Ujung-ujungnya depresi dan stres. Nah, Tim Relawan Peduli Bencana punya kiat khusus menghadapi kendala ini. Berikut ide Tim Peduli Bencana di bidang logistik:

Bahan Makanan Siap Santap

Berbagai kesusahan dirasakan korban bencana di Lombok dan Sulteng. Rumah hancur. Keluarga hilang. Lingkungan porak-poranda.

Sebagian besar korban selamat kini tinggal di tenda-tenda pengungsian. Mereka menjalani hidup ala kadarnya. Bergantung bahan pangan pada bantuan logistik yang disuplai banyak pihak. Baik dari pemerintah maupun tim relawan gabungan dari berbagai elemen.

Perlu menjadi perhatian, bagi kita yang berempati, yang hendak mengirim bantuan logistik. Ada baiknya bahan makanan tak melulu bahan siap masak. Namun berganti jadi makanan siap santap. Bila semua logistik terserap pada bahan siap masak akan mudah. Karena di lokasi pengungsian tidak semua titik memiliki dapur umum yang bisa mengolah atau memasak bahan makanan. Belum lagi, bahan bakar untuk keperluan memasak amat langka. Tak mudah hanya mengandalkan kayu bakar.

Sehingga alternatif penyaluran logistik, bisa memilih makanan siap santap, terutama lauk. Seperti jenis makanan kering. Abon, tempe/kentang kering, jamur krispi, srundeng, ikan teri, sosis siap makan, dll. Ditambah sambal dan kecap sachet atau kemasan.

Tidak lupa, berbagai macam biskuit juga akan bermanfaat. Selain tahan lama, biskuit bisa mengganjal perut lapar, saat makanan pokok terbatas.

Semoga di tengah kesulitan bahan makanan dan air bersih, Saudara-saudara kita di pengungsian, dikuatkan iman Islamnya, diberi limpahan kesabaran dari Allah yang Maha Penyayang. Ya Allah, kuatkanlah saudara-saudara kami di sana..

Ikuti update informasi dan programnya melalui:

Channel Telegram: https://t.me/pedulibencana
Official Website: https://pedulibencana.com
Twitter: @peduli_bencana
Email:info@pedulibencana.com

Contact Person:
▪+62 878-6426-2106 (Wil. Lombok)
▪+62 857-5736-6967 (Wil. Palu)
▪+62 812-2733-7626 (Wil. Palu)
▪+62 852-5973-8752 (Umum)

#pedulilombok
#pedulipalu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: