+62 852-5973-8752 info@pedulibencana.com

Program Kerja Lanjutan TIM Peduli Bencana

  • Home / Distribusi / Program Kerja Lanjutan…
Program Kerja Lanjutan TIM Peduli Bencana

Program Kerja Lanjutan TIM Peduli Bencana

Kegiatan akan berjalan dengan baik apabila terprogram dan terencana. Sehingga hasil yang diharapkan bisa optimal. Prinsip tepat sasaran, tepat bahan, tepat guna, tepat jumlah dan tepat waktu diupayakan menjadi prinsip pokok dalam pelaksanaan sebuah kegiatan.

Pagar Pengaman Area Rumah Belajar

Posko Peduli Bencana di Rumbel Utsman bin Affan menjadi salah satu sasaran program. Langkah pengamanan area luar Rumah Belajar (Rumbel) Utsman bin Affan penting dilakukan. Salahsatu cara melalui pemasangan pagar tertutup berbahan seng. Pengerjaan pemasangan dilakukan tukang dari Poso, dan Alhamdulillah selesai, Senin lalu (8/10).

Tiap divisi di Rumbel bekerja sebaik mungkin. Selain KBM yang sudah dimulai, penyiapan berbagai kebutuhan selama situasi tanggap darurat juga mesti tetap berjalan. Berikut rincian pembagian tugas di Posko Rumbel Utsman bin Affan, Kota Palu:

Baca Juga: Ide Stategis di Saat Kritis

Divisi Rumah Tangga

Divisi ini melakukan pemindahan dapur ke posko putra. Tugas memasak air, nasi, menyiapkan makanan dan cuci piring dilakukan oleh tim putra. Adapun tugas masak lauk/sayur dilakukan oleh tim putri. Kalau lauknya telah masak, disisihkan untuk posko putri lalu dikeluarkan ke posko putra.

Divisi Rumah Tangga juga menambah personel tim dapur; Abu Shofi dan Abu Fadhl. Untuk optimalisasi dalam memasak di posko, koordinator ummahat membuat jadwal piket.

Dari diskusi, disimpulkan bahwa sampah posko jangan dibakar. Tapi dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Divisi Pendidikan

KBM telah aktif dalam beberapa hari ini. Kelas juga telah kondusif. Penanggungjawab pendidikan di putri adalah istri Bapak Ahmad Abu Sholeh.

Divisi Sarana dan Prasarana

Divisi ini terus manjutkan pekerjaan pembersihan bongkahan reruntuhan. Para tukang yang selama ini diberdayakan mendapat santunan dari Tim Peduli Bencana.

Baca Juga: Melatih Anak Untuk Berinfak

Humas

Dengan izin Allah, Divisi Humas telah bersilaturahmi ke ketua-ketua RT di lingkungan Rumbel Utsman bin Affan. Sejauh ini Pak RT sangat baik dan mengharapkan bantuan. Divisi ini juga berdiskusi tentang penanganan bencana di lingkungan terdekat.

Dari diskusi tersebut akan dibentuk tiga tim dengan sasaran tempat berbeda. Tim lantas membawa paket bantuan ke beberapa wilayah pengungsian yang dikunjungi.

Sumbangsih kaum muslimin dari berbagai daerah tentu tidak kecil. Penyelenggaraan pendidikan cepat dilakukan kembali pascabencana. Berbarengan dengan upaya pembangunan kembali (rekonstruksi) sarana dan prasarana penunjang. Semoga jerih payah semua pihak, baik donatur maupun tim pelaksana di lapangan, mendapat balasan pahala berlipat dari Allah yang Maha Kaya.

Baca juga: Kisah Bayi Hilang

Ikuti update informasi dan programnya melalui:

Channel Telegram: https://t.me/pedulibencana
Official Website: https://pedulibencana.com
Twitter: @peduli_bencana
Email:info@pedulibencana.com

Contact Person:
▪+62 878-6426-2106 (Wil. Lombok)
▪+62 857-5736-6967 (Wil. Palu)
▪+62 812-2733-7626 (Wil. Palu)
▪+62 852-5973-8752 (Umum)

#pedulilombok
#pedulipalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: