+62 852-5973-8752 info@pedulibencana.com

Kampung Tenggelam

  • Home / Cerita Santri / Kampung Tenggelam
Kampung Tenggelam

Kampung Tenggelam

Musibah di wilayah Sulawesi Tengah berlanjut. Kali ini menimpa warga Desa Tompe, Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala. Belum hilang trauma pascagempa yang menggetarkan desa itu, Jum’at dua pekan lalu (28/9), kini warga kembali mendapat ujian kesabaran dari Allah azza wa jalla.

Laporan dari Tim Peduli Bencana Lombok dan Palu 2018 di lapangan. Sejak Rabu (10/10), air laut masuk ke perkampungan warga. Tak tanggung-tanggung, air laut yang seolah tengah pasang itu, merendam tempat tinggal warga hingga setinggi leher orang dewasa. “Kejadiannya habis zuhur. Sekitar pukul 12.45 WITA. Lokasi desa ini memang tidak jauh dari bibir pantai barat,” papar tim di lapangan.

Sontak warga Desa Tompe beramai-ramai mengungsi. Mereka menjauh untuk mencari lokasi lebih tinggi. Tujuannya agar tak terkena banjir air laut dadakan.

Baca Juga: Kisah Petobo (bag. 3-akhir)

Sebelumnya Tak Tersentuh Tsunami

Informasi yang diperoleh dari warga setempat, banjir air laut seperti ini baru pertama kali terjadi. Terlebih desa tersebut saat terjadi gempa lalu, tidak mengalami dahsyatnya terkaman tsunami. Tidak seperti beberapa lokasi pinggir pantai lainnya. Namun tidak diduga, kini air laut malah menerjang dalam bentuk yang lain.

Warga Desa Tompe berharap kejadian ini bisa segera mendapat perhatian pemerintah. Mereka berharap pula uluran tangan para relawan dan dermawan, untuk bisa secepatnya meringankan kesulitan warga. Terutama terkait kebutuhan kamp pengungsian yang layak. Tak lupa ketersediaan bahan pangan dan air bersih.

Baca Juga: Kisah Inspiratif Penggugah Semangat Bersedekah

Saudaraku kaum muslimin. Ujian bertubi yang mendera saudara-saudara kita di lokasi bencana. Tentu akan mendatangkan hikmah tersendiri. Bantuan dan dukungan kita sangat mereka harapkan. Mari, kita doakan kebaikan untuk mereka. Agar tetap tabah dan sabar di tengah ujian. Agar Allah kuatkan mereka di atas iman Islam. Tak lupa dukungan materiil dari kita yang mampu. Amat dinanti guna disalurkan menjadi berbagai logistik keperluan penyambung hidup di pengungsian.

Baca Juga: Kabar Terkini Santri Peduli Negeri

Kampung Tenggelam
Kampung Tenggelam

Ikuti update informasi dan programnya melalui:

Channel Telegram: https://t.me/pedulibencana
Official Website: https://pedulibencana.com
Twitter: @peduli_bencana
Email: pedulibencana2018@gmail.com

Contact Person:
▪+62 878-6426-2106 (Wil. Lombok)
▪+62 857-5736-6967 (Wil. Palu)
▪+62 812-2733-7626 (Wil. Palu)
▪+62 852-5973-8752 (Umum)

#pedulilombok
#pedulipalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: