+62 852-5973-8752 info@pedulibencana.com

Berbagi Bersama Warga Terasa Bahagia

  • Home / Logistik / Berbagi Bersama Warga…
Berbagi Bersama Warga Terasa Bahagia

Berbagi Bersama Warga Terasa Bahagia

Empat puluh hari pasca gempa, kondisi pengungsi berangsur-angsur pulih, hari demi hari tingkat traumatik menurun, para korban mulai berani memasuki rumah-rumah mereka bagi yang masih memiliki rumah layak huni. Adapun yang telah kehilangan rumah masih menempati tenda-tenda pengungsian yang tersebar di lapangan-lapangan dan lahan-lahan kosong.

Masa tanggap darurat telah berakhir, pemerintah menetapkan masa transisi menuju pemulihan dengan target awal 2 bulan. Harapannya masyarakat mulai mengarungi kehidupan normal, mulai menjalankan rutinitas seperti halnya sebelum bencana dan sebagian mulai mencari peluang-peluang usaha dan pekerjaan yang baru.

Kompleksitas masalah muncul ketika sebagian kehilangan mata pencahariannya. Untuk memulai usaha dan pekerjaan baru tidak semua mampu dan cepat mendapatkannya. Akibatnya pemenuhan kebutuhan pokok tetap menjadi kendala.

Namanya juga pemulihan, membutuhkan interval waktu yang panjang. Itupun tak kuasa kita menjamin kecuali dengan izin Allah semata. Pak Ahmad (45) kordinator logistik Posko Rumbel Utsman bin Affan Palu, menyampaikan bahwa kegiatan logistik masih berjalan seperti biasanya.

Baca juga: Kerja Nyata Untuk Warga

Program kita, setiap pekan dilakukan pendistribusian sembako berkala bagi masyarakat Palu dan sekitarnya. Sehingga hari ini memasuki tahapan ke-6 (pekan keenam). Disamping itu, kita juga memiliki program taktis, yaitu program pendistribusian sembako bagi masyarakat yang baru saja terdeteksi keberadaannya.

Biasanya setelah ada laporan dan survei langsung ke lokasi pengungsian. Lokasinya pun berbeda-beda keadaannya. Sebagian masih dalam jangkauan kota dan sebagian berada di luar kota dengan radius yang lumayan jauh dan tantangan perjalanan yang cukup serius.

Namun, itu tidak menghalangi Tim Peduli Bencana untuk mengambil andil di dalamnya. Paket sembako yang kami berikan cukuplah bervariasi. Dalam satu paket berisi beras 5 Kg, minyak goreng 1 ltr, Gula pasir 1/2 Kg, Mie instan 10 bks, dan telur ayam 10 butir.

Disamping itu kita juga menyiapkan kresek khusus untuk kebutuhan masak dan MCK. Ibu Dra.Luthfiyah Mangun (55) Kepala Dinas Pembinaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Donggala, menyampaikan apresiasinya ketika TPB membagikan sembako di daerah binaannya yaitu Desa Tompe Donggala.

“Paket sembako dari TPB begitu bervariasi isinya, lebih banyak dari paket-paket tim lainnya yang saya temui.”

Baca juga: Sumbangsih Arab Saudi untuk Palu

Bagi kami tidaklah berlebihan, jika memang paket itu sesuai kebutuhan dan menjadi hak mereka. Kami hanya menjalankan amanah. Kesyukuran tak pernah berhenti ketika Allah subhana wa ta’ala menjadikan kita sebagai perantara dalam kebaikan dan kepedulian.

Tiada daya dan kekuatan hanya milik-Nya semata

Ikuti update informasi dan programnya melalui:

Channel Telegram: https://t.me/pedulibencana
Official Website: https://pedulibencana.com
Twitter: @peduli_bencana
Email:info@pedulibencana.com

Contact Person:
▪️+62 878-6426-2106 (Wil. Lombok)
▪️+62 857-5736-6967 (Wil. Palu)
▪️+62 812-2733-7626 (Wil. Palu)
▪️+62 852-5973-8752 (Umum)

#pedulilombok
#pedulipalu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: