+62 852-5973-8752 info@pedulibencana.com

Bazar Peduli Bencana

  • Home / Informasi / Bazar Peduli Bencana
Bazar Peduli Bencana

Bazar Peduli Bencana

Sudah tidak asing lagi berita tentang gempa dan tsunami yang menimpa sebagian wilayah Sulawesi Tengah. Di minggu terakhir bulan September, dengan hikmah dan keadilan-Nya, Allah menimpakan musibah tersebut.

Korban jiwa, kerugian material dan kerusakan infrastruktur tak terelakkan. Ribuan jiwa melayang. Gedung, rumah, fasilitas umum menjadi puing reruntuhan dan tinggal kenangan belaka.

Kenyataan pahit ini mengundang simpati berbagai pihak, termasuk kaum ibu dan anak-anak. Mereka berasal dari pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan dan pulau-pulau lain di luar Sulawesi. Membantu denga apa yang dimiliki dan apa yang dimampu. Uang, bahan makanan dan pakaian adalah kebutuhan yang harus disegerakan.

Hanya saja, kerusakan infrastruktur, keterbatasan jaringan komunikasi dan transportasi menjadi kendala besar pada pengiriman bantuan, terkhusus logistik. Apalagi jika logistik tersebut berasal dari luar Sulawesi.

Efisiensi waktu, biaya pengiriman, asas manfaat dan isu keamanan menjadi pertimbangan penting. Maka dari itu, bantuan dari luar Sulawesi diutamakan diwujudkan dalam bentuk uang. Kalau sudah terlanjur mengumpulkan bahan makanan dan pakaian hendaknya diuangkan.

Kendala ini dirasakan oleh ibu-ibu di kota Yogyakarta. Mereka antusias ingin membantu. Tetapi, sebagiannya bisanya dengan bentuk pakaian. Masalah besar didapati, yaitu terkendala pada biaya pengiriman.

“Mbak, di sini, ibu-ibu sudah mengumpulkan pakaian layak pakai untuk dikirim ke Palu. Sudah mengalami sortiran dan hanya sekitar 120 kg yg layak dikirim. Yang tidak bisa dikirim banyak. Hal itu karena ada kendala biaya pengiriman. Yang 120 kg saja sudah sekitar Rp 2,6 juta. Rencananya yg tidak bisa dikirim mau diuangkan saja,” ungkap koordinator pengumpulan donasi.

Maka, untuk menyiasati hal tersebut, bisa dibuat semacam bazar peduli bencana. “Dirancang tempat dan waktunya, dibuatkan iklan dan pengumuman, dengan format menarik, dan ditekankan bahwa hasil penjualan pakaian ini akan disumbangkan untuk korban gempa dan Tsunami Sulteng.”

“Memang harus sabar. Jangan terburu-buru. Program ini jangka panjang. Insyaallah, masih ada waktu,” kata panitia. “Lumayan ongkir 2.6 juta bisa dihemat dan ditambahkan sebagai infak,” tambahnya.

Berdasarkan pengalaman pada musibah tsunami Aceh, gempa Bantul dan Lombok, pakaian kadang-kadang terlalu banyak dan akhirnya banyak yang terbuang. “Eman… Mending dijual di daerah asal dulu.” Alangkah baiknya diuangkan di lokasi asal donasi dengan berbagai cara yang baik.

Metode ini efektif dilakukan oleh Komunitas Pelukis Salafy. “Dengan sistem bazar, lukisan (hasilnya) akhirnya bermanfaat untuk korban,” beber Panitia. Semoga menginspirasi Tim Donasi.

Suasana Penawaran pada Bazar Lukisan
Suasana Penawaran pada Bazar Lukisan

Ikuti update informasi dan programnya melalui:

Channel Telegram:
https://t.me/pedulibencana

Official Website:
https://pedulibencana.com

Twitter:
@lombok_peduli
@PeduliSulteng

Email:
pedulibencana2018@gmail.com

Contact Person:
▪+62 878-6426-2106 (Wil. Lombok)
▪+62 857-5736-6967 (Wil. Palu)
▪+62 812-2733-7626 (Wil. Palu)
▪+62 852-5973-8752 (Umum)

#pedulilombok
#pedulisulteng

Leave a Reply

لن يتم نشر عنوان بريدك الإلكتروني. الحقول الإلزامية مشار إليها بـ *

%d مدونون معجبون بهذه: